Kamis, Juni 16, 2011

DIFFERENTIAL VS FINAL DRIVE 2

DIFFERENTIAL VS FINAL DRIVE


Teman-teman kali ini saya akan lanjutkan pembahasan saya seputar differential vs final drive, dimana sebelumnya saya membahas hanya final drivenya saja.

         Differential dikenal juga sebagai garden adalah suatu device atau geared mechanism atau gear assembly atau gear system atau gear device  yang terletak  diantara dua axle or half sharf. Device ini memungkinkan axle shaft berputar pada speeds yang berbeda selagi masi trus mentransmisikan/ mengirimkan power dari final drive ke roda-roda penggerak(driving wheels) kendaraan. Device yang digunakan pada suatu driveaxle kendaraan ini memungkinkan drive/driving wheels pada suatu axle yang sama berputar dengan speeds yang berbeda dengan ketika kendaraan berbelok.Ini dibuat mungkin dengan bantuan differential pinion gear yang berputar pada axlenya sendiri.
         Ketika suatu kendaraan berbelok, roda sebelah luar akan menempuh jarak yang lebih besar dari roda sebelah dalam.Oleh karena itu, roda-roda pada sebelah luar tikungan akan berjalan dengan suatu speed yang lebih cepat daripada roda-roda sebelah dalam. Half shafts memungkinkan gerakan (drive) ditransmisikan dengan torque yang sama ke dua belah roda walaupun mereka berjalan pada speed yang berbeda. Defferential oleh karena itu merupakan suatu device yang harus mengakomodir/menyesuaikan speed yang berbeda dari driving wheel, sementara pada setiap saat menyamankan torque yang didistribusikan diantara mereka.
         Nama differential berasal dari aksi assembly ini dalam memungkinan roda-roda berputar pada speeds yang tidak sama saat kendaraan masih bergerak. Differential yang dijelaskan diatas yang mendeliverikan torque yang sama kesetiap roda dikenal sebagai standard atau open differential atau juga disebut rear end atau disingkat sebagai diff. Defferential tipe ini membagi ritary speed dengan tidak sama ketika satu ban mulai slip/ tergelincir (slip) dan berputar cepat (spin).Ban dengan traction yang baik melambat dan berhenti. Ini mun gkin juga menghentikan kendaraan atau mencegahnya untuk bergerak.Sebagai komponen utama dari drive train atau power train,standard differential digunakan pada semua tipe power trains: rear wheel drive (RWD)front wheel drive(FWD) dan four  wheel drive (4WD). Kendaraan-kendaran 4WD mempunyai dua differential,satu pada drive axle depan  dan satu lagi pada drive axle belakang. Defferential ini mengirimkan power kesemua roda kendaraan. Beberapa full time four wheel drive system menggunakan differential ketiga yang disebut  inter axle differential. Differential ini yang terletak pada transfer case diantara drive axle depan dan belakang memungkinkan dua drive line berputar pada speed yang berbeda yang memperbaiki handling kendaraan dan mereduksi keausan komponen. Pada kendaraan FWD dengan mesin melintang (transverseengine),differential merupakan bagian dari transaxle dan terletak diantara roda-roda depan. Sedangkan pada kendaraan-kendaran RWD, differential adalah bagian dari rear assembly. Ia terletak padarear axle housing or carier.
       Demikian artikel ini semoga bermanfaat, jangan lupaya baca artikel lainnya dan berikan komentar demi kelangsungan blog ini dan untuk meningkatkan kualitas artikel-artikel berikutnya. Salam sekses buat anda
OTHER ARTICLES

Baca, clik dan dapatkan uang
Mitos & fakta pada Computer
Dasar-dasar listrik
Dasar-dasar listrik 2
Dasar-dasar listrik 3
Dasar-dasar listrik 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar