Jumat, Juni 10, 2011

DIFFERENTIAL VS FINAL DRIVE


DIFFERENTIAL


     Mungkin teman-teman semua sudah sering mendengar tentang truck dan bus,pada berita otomotif mobil dijelaskan bahwa ada perbedaan yang membuat truck lebih bertenaga dibandingkan bus,tetapi bus lebih unggul dikecepatan. Kali ini saya akan mengungkap perbedaan itu.
Berbicara tentang drive axle,front atau rear,pastilah tak akan terlepas dari pembahasan tentang differential dan final drive. Banyak orang salah mengerti dan bahkan banyak juga yang dibuat bingung oleh istilah differential dan final drive pada suatu truk, sementara itu banyak kalangan juga memahami kedua istilah ini sama saja pengertiannya. Benarkah demikian????


DIFFERENTIAL  ASSEMBLY
    Kalau kita memahami pengertian tentang differential assembly, pastilah kita akan dapat jelas membedakan bahwa memang differential  itu berbeda dengan final drive.Pengertian differential assembly sendiri adalah suatu assembly yang terdiri dari ring gear atau crown wheel, drive pinion gear, differential case, differential gears dan bearings yang disangga oleh differential carrier. Rear drive assembly yang terlihat pada gambar.   (Gbr. 1&2).

 Gambar 1

Gambar 2


FINAL DRIVE
    Final drive yang juga disebut final reduction gear atau final gear adalah lengkapan penggerak (gearing) final speed-reduction pada power train. Ia adalah assembly penggerak akhir terletak dalam suatu axle housing,yang mentransmisikan mechanical energy atau power dari mesin yang dideliverikan melalui propeller shafr ke drive wheel. Disebabkan karena ia terletak didalam axle housing,bagian dari power train ini biasanya dinyatakan sebagai bagian dari asembli axle. Assembly axle belakang pada rear wheel drive (RWD) vehicles mencakup final drive yang memungkinkan rear wheel digerakkan. Berbeda dengan RWD vehicles, four wheel drive (4WD) vehicles disebabkan karena mempunyai power train untuk front wheels dan rear weels nya,maka mereka mempunyai dua final drive yang memungkinkan keempat wheel nya didepan dan dibelakang digerakkan.pada vehicles dengan front wheel drive, final drive merupakan bagian dari transaxle assembly.
    Dalam berita otomotif mobil Final drive adalah suatu gear set yang terdiri dari sepasang gear yang bertautan.Tipe final drive paling lazim yang digunakan pada kendaraan-kendaraan komersil seperti bus dan truck adalah terdiri dari sepasang bevel gear.Pasangan gear lainnya yang mungkin adalah tipe worm gear.Dimasa lalu worm gear finel drives digunakan pada beberapa heavy duty truck karena mereka memungkinkan speed reduction yang lebih besar.
     Pada bevel gear final drive, gears yang bertautan adalah driving gear kecil yang disebut pinion atau pinion gear atau drive  pinion  gear dan gear yang digerakkan (driven gear) yang dimensinya lebih besar dari drive pinion gear yakni ring gear atau dikenal juga sebagai crown wheel. Gears ini mungkin disebut spur, spiral atau hypoid, Drive pinion gear dihubungkan ke ujung sebelah belakang dari propeller shafr dan dipasang di sebelah depan dari axle housing atau differential carrier. Sedangkan ring gear  dipasangkan/dibaut ke flange dari differential case. Bila drive pinion gear diputar oleh propeller shaft, ring gear akan dipaksa berputar dan memutar differential case dan axle shafts. Drive pinion gear berbeda dengan differential pinion gear. Keduanya digunakan untuk maksud-maksud yang berlainan sama sekali. Differential pinion gear digunakan untuk mentransfer movement diantara differential side gears. Sedangkan drive pinion gear digunakan untuk menggerakan ring gear.
  Pada berita otomotif mobil drive pinion gears dan ring gears dipasangkan pada waktu pembuatan dipabriknya dan dengan demikian harus selalu dipasang sebagai suatu pasangan atau setelan roda gigi ( gear set).karenanya,jangan pernah memasang satu tanpa yang lainnya.Jika salah satu gear rusak ,maka harus dipasang gear set yang baru. Penggunaan bersama gear baru dan gear lama menyebabkan penyetelan (adjustment)nya  tidak mungkin dilakukan dengan benar.Bila digunakanpun,gear set yang mismatched mungkin beroperasi dengan berisik, Drive pinion gears dan ring gears menyediakan suatu gear reduction dan juga merubah arah gerakan. Mereka bukan bagian dari differential tetapi bagian dari power train.Oleh karena itu tidak punya differential action.
      Untuk sementara demikian artikel ini semoga bermanfaat,tunggu kelanjutannya tentang pembahasan differential, jangan lupaya berikan komentar demi kelangsungan blog ini dan untuk meningkatkan kualitas artikel-artikel berikutnya. Salam sekses buat anda

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Ka' apa bs DVD ROM disambungkn dngn leptop..??by cidu

Zul mengatakan...

memang DVD ROM yang bisa berpasangan dengan laptop. ada kabel bawaan DVD ROM yang disambungkan ke soket VGA laptop.

Anonim mengatakan...

DVD ROM pasagannya PC, klo leptop DVD drive..

Posting Komentar